5 April 2010

Bapeda Tasik Peran Musrenbang Strategis

Musyawarah Perencanaan Pengembangan (Musrenbang) merupakan sebuah rangkaian proses pembangunan Daerah untuk mensinkronkan antara desa dengan kecamatan melalui proses perencanaan untuk menghasilkan sebuah dokumen yang akan dijadikan landasan dalam kebijakan anggaran. Sehingga tidak ada lagi kebijakan yang keluar dari dokumen Itu.

Kepala Bapeda Kab Tasikmalaya Iwan Saputra SE. MSi Rabu (17/3) di Aula Pendopo Kab Tasikmalaya, mengatakan Musrenbang berperan untuk menyinkronkan apa yang menjadi skala prioritas sehingga tertampung dalam usulam APBD. "Forum ini harus betul-betul mampu membuat usulan yang mengarah pada pembenahan dengan konsekwensi sebuah prioritas harus mengorbankan prioritas lainnya." kata Iwan.

Semua program harus kita susun dengan tujuan utamanya adalah untuk menanggulangi serta menuntaskan kemiskinan sesuai data pada tahun 2008 menyatakan sebanyak 20 persen masyarakat Kab Tasikmalaya masih dalam kategori rumah tangga miskin darijumlah penduduk 1.7Juta Jiwa.

Dari 30 bayi yang lahir Jika diseimbangkan dengan kondisi ekonomi mencapai 20 persen bayi yang lahir sudah masuk dalam kategori miskin. Ini bukan hanya menjadi persoalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) saja tapi sudah menjadi tanggugjawab semua.
Juga daya dukung alam harus dijadikan fokus pembangunan untuk menunjang PAD, ini membutuhkan pola pikir yang slnerji untuk mencapai kearah itu sehingga program ke depan salah satunya menyikapi perkembangan penduduk.

Dalam pelayanan kesehatan masih sangat Jauh dari target, sehingga tahun 2011 meningkatkan kesehatan Masyarakat khususnya rumah tangga miskin menjadi skala prioritas. Wajib Belajar (Wajar) 9 tahun Juga masih belum memenuhi terget apalagi wajar 12 tahun itupun harus menjadi prioritas.
Anggka melek huruf berdasarkan dara tahun 2009 sebanyak 99.11 persen. Jadi masih banyak Masyarakat Tasikmalaya yang belum mengenal huruf Juga daya bell masuk menduduki angka yang cukup rendah dibandingkan dengan rata-rata Jawa Barat berdasarkan indikator makro tahun 2009/2010.

Data pengangguran tahun 2008/2009 ada kenaikan dengan adanya perubahan angka yang bekerja diatas usia 10 tahun sedangkan pada tahun 2009 data pekerja diatas 12 tahun. Anggaran belanja pegawai masih akan tetap mendominasi dan menyerap proporsi belanja tahun 2011. sedangkan Alokasi Dana Desa (ADD) akan dipertahankan serta diperbaiki dengan mempertimbangkan Jumlah Penduduk miskin, tuturnya.

Menurut Ketua Asosiasi Perangkat Desa (Apdesl) Kab Tasikmalaya Ade Mustopa masih banyak perangkat Desa yang hingga kini kesejahteraannya belum layak ini harus menjadi pertimbangan. Rukun Tetangga (RT) sebagai perangkat Desa yang paling depan hingga kini belum dapat kesejahteraan. Juga Hansip, dalam musrenbang Ini akan diusulkan masuk dalam APBD, tuturnya. Dalam satu triwulan hanya mendapat Rp25.000Jadi untuk menanggulangi kesejahtc-raanya diambil dari urunan Desa baik untuk Rt maupun Hansip itu pun tidak tentu

Sumber:
Radar Tasikmalaya

Tidak ada komentar:

UNICEF Press Centre - Millennium Development Goals

UNICEF Press Centre - HIV/AIDS and children