1 April 2010

PERDA Kab Tasikmalaya No 4 Tahun 2007 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS

Kabupaten Tasikmalaya, Sungguh memprihatinkan, karena dari Januari hingga November 2009 bahwa Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kabupaten Tasikmalaya mendapat laporan bahwa 4 warga kabupaten Tasikmalaya positif terjangkit HIV/AIDS. Berdasarkan data akumulatif dari tahun 2005-2009, ternyata di kabupaten Tasikmalaya sebanyak 42 warga terjangkit HIV/AIDS dan 12 orang meninggal dunia.

"Pada tahun 2009 ini saja ditemukan kembali 4 orang. Hal perlu diingat, bertambahnya jumlah penderita HIV/AIDS bukan harus dikhawatirkan, melainkan menjadi jalan untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan masyarakat yang berisiko tertular HIV/AIDS," kata Pengelola Program KPA Kab. Tasikmalaya, Drs.M. Ahmad Jayalaksana seperti dikutip media lokal, kemarin.

Apalabila tidak ada data atau masyarakat yang terbuka bahwa dirinya sudah tertular AIDS, menurut Ahmad Jaya, maka KPA tidak mengetahui keberadaan mereka dan sulit untuk mencari solusinya.

Dia menjelaskan, pihaknya sudah menemukan kasus HIV/AIDS di kecamatan Singaparna, Manonjaya, Ciawi, Rajapolah, Sukaratu, Cikatomas, Bantarkalong, Salopa, Cibalong, Sukaraja, Puspahiang, Cineam, Mangunreja, dan Padakembang. Namun, penderita HIV/AIDS tertinggi terdapat di Kec. Singaparna dan Kec. Manonjaya.

Kendati demikian, Ahmad mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab menularnya penyakit itu, apakah dari Tasikmalaya atau dari luar daerah. ”Kalau melihat datanya, hampir 61% penderita yang sebagian besar berusia produktif tertular melalui jarum suntik atau penasun. Sedangkan pekerja seks komersial (PSK), gay, waria, ibu rumah tangga, bayi, dan balita tidak terlalu banyak,” tutuurnya.

Adapun kendala yang dihadapi KPA Kabupaten Tasikmalaya selama ini, lanjut Ahmad Jaya, adalah masih melekatnya stigma (citra buruk) penderita HIV/AIDS di mata masyarakat, sehingga membuat mereka enggan melaporkan dirinya kepada petugas bahkan kepada keluarganya.

Sumber
Kabar Indonesia, 2 Desember 2009

Silahkan Download
PERDA KAB TASIKMALAYA NO 4 TH 2007 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN HIV/AIDS

Tidak ada komentar:

UNICEF Press Centre - Millennium Development Goals

UNICEF Press Centre - HIV/AIDS and children