1 April 2010

Mari bicara tentang HIV/AIDS dengan orang tua, guru dan teman

Saya tahu apa yang kamu pikirkan. Mengapa saya harus membaca buku ini? Jawabannya adalah: karena buku ini berbicara tentang HIV/AIDS, kesehatan reproduksi dan NAPZA, agar supaya kita tidak mengambil resiko dengan kehidupan kita.

HIV/AIDS dan memakai NAPZA dapat merenggut nyawa kita dalam sekejap mata. Tiba-tiba saja kehidupan kita yang indah dan terbentang luas didepan mata dalam sekejap menjadi jalan hidup yang penuh penderitaan dan bahkan dapat membawa pada kematian.

Saya tidak mengada-ada kalau saya memberitahukan pada kamu bahwa separuh dari jumlah kasus HIV yang baru, datang dari kelompok seumuran kamu. Saya juga tidak mengada-ada kalau saya bilang bahwa memakai NAPZA bisa membuat ribuan pemuda Indonesia menjadi seperti mayat hidup dan bisa juga tertular HIV karena menggunakan jarum suntik secara bersama-sama.

Hidup tidak harus seperti itu bila kita tahu caranya menghidari penularan HIV. Kita tahu bahwa belajar tentang HIV/AIDS dan Pendidikan Keterampilan Hidup seperti misalnya cara bernegosiasi, mengambil keputusan, berpikir kritis, komunikasi interpersonal serta keterampilan menyelesaikan konflik dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang cerdas, seperti menunda melakukan hubungan seksual sampai kita cukup dewasa untuk me-lindungi diri kita sendiri dari penularan HIV, maupun Infeksi Menular Seksual (IMS) lainnya dan penyalahgunaan NAPZA.

Lebih lanjut
1. HIV/AIDS Booklet_part1
2. HIV/AIDS Booklet_part2
3. HIV/AIDS Booklet_part3
4. HIV/AIDS Booklet_part4

Sumber
http://www.unicef.org/

Tidak ada komentar:

UNICEF Press Centre - Millennium Development Goals

UNICEF Press Centre - HIV/AIDS and children